Komponen yang ada pada Blender 3D

Sebelumnya saya membahas perangkat lunak Blender 3D dari sejarahnya, kelebihannya, spesifikasi yang dibutuhkan dan contoh-contohnya. Sekarang saya akan menjelaskan komponen yang ada pada Blender 3D.


Di dalam Blender 3D, terdapat menu bar yaitu :


  1. Menu File
    Sama seperti software-software lain pada umumnya. Menu ini berisi perintah-perintah untuk menyimpan, import, export, close, dll.
  2. Menu Render ,
    Berfungsi untuk melihat bagaimana tampilan dari objek yang kita buat dari sudut pandang kamera, dengan melakukan render maka kita akan mengetahui bagaimana nantinya objek itu terlihat dan bagaimana jadinya objek dengan pencahayaan yang kita lakukan dengan menempatkan lampu pada posisi yang telah kita tentukan.
  3. Menu Window
    Di dalam menu ini berisi perintah untuk menduplikat jendela window, mengambil screenshot pada jendela Blender, dll
  4. Menu Help,
    Pada menu ini berisi tentang penjelasan software Blender, dan juga cara penggunaan Blender.

Lalu di sebelah kiri terdapat panel yang di dalam panelnya berisi :
  1. Panel Tool
    Di dalamnya berisi perintah untuk mengubah objek. Perintah-perintahnya yaitu:

    a. Translate :  Untuk memindahkan objek
    b. Rotate : Untuk memutar objek secara 360 derajat.
    c. Scale : Untuk memperbesar objek.
    d. Mirror : Untuk memirror objek.
    e. Duplicate : Untuk menduplikat objek.
    f. Duplicate : Untuk menduplikat linked pada objek.
    g. Delete : Untuk menghapus objek.

  2. Create
    Di dalamnya berisi perintah untuk menambahkan objek sesuai dengan yang kita inginkan seperti membuat piringan persegi, kubus, bola, tabung, dll. Di dalam panel ini juga terdapat fungsi untuk menambah kurva atau menambahkan lampu untuk pencahayaan pada objek seperti cahaya matahari, lampu, dll.

  3. Relations dan Animation
    Panel Relations berisi menu untuk mengatur relasi antar objek, menambah grup untuk objek-objek tertentu, dll. Untuk panel animation berfungsi untuk menambah dan mengatur animasi yang akan kita mau buat.

  4. Physics dan Grease Pencil
    Panel ini berisi untuk menambahkan rigit body (efek gravitasi), menggambarkan (menulis) dengan menggunakan pencil, membuat garis, menghapus garis/tulisan yang telah dibuat dll.

Untuk panel di sebelah kanan berisi untuk mengubah properti objek seperti ukuran, kualitas gambar/objek, mengatur bayangan pada objek dll. Di panel ini juga berisi untuk merender objek.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar