Softskill Pemrograman Jaringan : Hasil Analisis dari Penggunaan Java.NET pada Aplikasi Java

Mendapatkan Alamat IP Local

Source Code Program

import java.net.*;
public class getIP {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
byte ip[] = host.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) {
System.out.print(".");
}
System.out.print(ip[i] & 0xff);
}
System.out.println();
}
}

Logika Program

Program di atas digunakan untuk mendapatkan alamat ip local dengan mengunakan Java.NET dengan perintah InetAddress.getLocalHost() dan masing-masing blok ip disimpan di variable array ip yang nanti akan ditampilkan ke layar menggunakan perintah perulangan dan print.   


Output Program



Mendapatkan Host Name Komputer

Source Code Program

import java.net.*;
public class getName {
public static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress host = null;
host = InetAddress.getLocalHost();
System.out.println("Nama komputer Anda: " + host.getHostName());
}
}

Logika Program

Program di atas digunakan untuk mendapatkan nama host lokal dengan mengunakan Java.NET dengan perintah InetAddress.getLocalHost() dan nama host lokal akan di cetak di aplikasi. 


Output Program


Mendapatkan Host Name berdasarkan IP

Source Code Program

import java.net.*;
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println("invalid IP - malformed IP");
System.exit(0);
}
System.out.println(address.getHostName());
}
}

Logika Program

Program di atas digunakan untuk mengubah ip ke nama host dari ip yang telah dimasukkan ke aplikasi. Jika pengguna tidak memasukkan ip ke dalam argumen maka aplikasi akan mencetak cara pemakaian aplikasinya dengan cara memasukkan ip ke dalam argumen. Jika pengguna memasukkan ip ke dalam argumen, maka ip dari argumen disimpan di variabel host dan menggunakan perintah InetAddress.getByName(host) yang kemudian dicetak di aplikasi.


Output Program



Mendapatkan IP berdasarkan Host Name

Source Code Program

import java.net.*;
public class NsLookup {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java NsLookup <hostname>");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch(UnknownHostException e) {
System.out.println("Unknown host");
System.exit(0);
}
byte[] ip = address.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) System.out.print(".");
System.out.print((ip[i]) & 0xff);
}
System.out.println();
}
}

Logika Program

Program di atas digunakan untuk mengubah nama host ke ip dari nama host lokal yang telah dimasukkan ke aplikasi. Jika pengguna tidak memasukkan nama host lokal ke dalam argumen maka aplikasi akan mencetak cara pemakaian aplikasinya dengan cara memasukkan nama host lokal ke dalam argumen. Jika pengguna memasukkan nama host lokal ke dalam argumen, maka nama host lokal dari argumen disimpan di variabel host dan menggunakan perintah  InetAddress.getByName(host) yang kemudian dicetak per masing-masing blok ip dengan menggunakan perintah perulangan.


Output Program



Aplikasi Client - Server Sederhana

Simple Server

import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleServer {
public final static int TESTPORT = 5000;
public static void main(String args[]) {
ServerSocket checkServer = null;
String line;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
Socket clientSocket = null;
try {
checkServer = new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println("Aplikasi Server hidup ...");
clientSocket = checkServer.accept();
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
line = is.readLine();
System.out.println("Terima : " + line);
if (line.compareTo("salam") == 0) {
os.writeBytes("salam juga");
} else {
os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti");
}
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
} catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
}
}

Simple Client

import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleClient {
public final static int REMOTE_PORT = 5000;
public static void main(String args[]) throws Exception {
Socket cl = null;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null, output = null;
try {
cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
System.out.print("Masukkan kata kunci: ");
userInput = stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput + "\n");
output = is.readLine();
System.out.println("Dari server: " + output);
is.close();
os.close();
cl.close();
} catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println("Unknown Host: " + e1);
} catch (IOException x) {
System.out.println("Error writing...." + x);
}
}
}

Logika Program

Listing Program diatas untuk membuat aplikasi program sederhana antara server dan client yang saling berkomunikasi atau terhubung. Langkah pertama untuk menjalankan program sederhana tersebut yaitu menjalankan program server dengan cara:
  1. Masuk Folder yang terdapat kodingan server
  2. Tekan Shift + Klik Kanan, lalu pilih Open PowerShell Window Here
  3. Jalankan program dengan ketik javac simpleServer.java && java  simpleServer pada PowerShell
  4. Setelah itu server akan menerima inputan dari client dan menampilkan kata kunci yang di inputkan dari client. Jika client menginputkan salam maka server akan membalas salam juga  karena kata kunci dalam server yaitu “salam”
Setelah menjalankan server maka selanjutkan menjalankan program client dengan cara :
  1. Masuk Folder yang terdapat kodingan client
  2. Tekan Shift + Klik Kanan, lalu pilih Open PowerShell Window Here
  3. Jalankan program dengan ketik javac simpleClient.java && simpleClient <nama host PC> pada PowerShell
  4. Setelah itu client akan menginputkan kata kunci yang akan dikirimkan ke server
  5. Jika kata kunci yang dikirimkan tidak sesuai maka server akan mengirimkan output “Maaf , saya tidak mengerti” dan jika benar maka server akan mengirimkan kata “salam juga”.

Output Program










SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar